Pages

Thursday 14 January 2016

Microsoft kembangkan window versi 10 mini?


   Terdengar kabar bahwa akhir-akhir ini microsoft sedang mengembangkan windows 10 versi mini, apakah berita ini benar?

Seperti di lansir dari detik.com di kabarkan bahwa benar windows sekarang lagi menggarap windows versi mini tersebut.


Microsoft disebut-sebut sedang mencoba menggunakan Windows 10 dengan prosesor berbasis ARM. Berbeda dengan Windows 10 versi biasa yang menjalankan prosesor berbasis x86, seperti yang dibuat oleh Intel.

Jika rumor ini benar, Microsoft berarti akan mengulang langkah mereka ketika pertama meluncurkan Windows 8. Saat itu, mereka selain versi biasa, Microsoft juga meluncurkan Windows RT, yang dibuat untuk prosesor berbasis ARM.

Mereka bahkan merilis dua jenis tablet Surface, yaitu Surface Pro yang menggunakan prosesor Intel Core, dan Surface RT dengan prosesor berbasis ARM. Namun Microsoft kemudian menyetop penjualan Surface RT ini.

Tak jelas apa yang membuat Microsoft masih mencoba-coba teknologi ARM ini di Windows 10, mengingat mereka sudah mencobanya dengan Windows RT yang bisa disebut mengalami kegagalan, dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (15/1/2016).

Microsoft juga dikabarkan sudah merekrut seseorang untuk mencari cara membuat aplikasi Windows x86 bisa berjalan di Windows berbasis ARM. Hal inilah yang menjadi kekurangan utama Windows RT, yang tak bisa menjalankan aplikasi dari Windows 7.

Prosesor berbasis ARM punya keunggulan dalam hal efisiensi dibandingkan prosesor x86. Itulah yang menyebabkan banyak perangkat mobile lebih banyak menggunakan prosesor ARM, karena lebih kecil dan irit daya.

No comments:

 

Blogroll

About